Beberapa Penyebab Mengapa Wanita Rentan dengan Kegemukan

Wanita rentan dengan kegemukan

  • Hormon wanita cenderung untuk menyimpan kalori sebagai lemak
  • Lebih sedikit otot dibandingkan pria
  • Selalu diet (justru ini yang sering menjadipenyebab bertambagnya berat badan)
  • Perempuan sering memiliki dua pekerjaan (kantor dan rumah) sehingga sering tidak bisa melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Wanita lebih rentan terhadap kenaikan berat badan – apakah mereka memiliki diabetes atau tidak – dengan berbagai alasan biologis dan gaya hidup. Sebagai contoh, wanita lebih mudah menyimpan lemak daripada pria karena hormon wanita cenderung untuk memicu pembentukan lemak. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan memiliki sekitar jumlah yang sama lemak tubuh. Kemudian setelah pubertas (sekitar usia 20), anak perempuan memiliki 22 persen lemak tubuh, dan anak laki-laki aktif hanya memiliki sekitar 10 persen.
“Singkatnya, hormon laki-laki menjaga massa otot tetap tinggi dan kadar lemak tetap rendah. Hormon wanita justru melakukan hal yang berlawanan,” kata Chalmers.

Cara pria dan wanita bertambah berat pun berbeda. Perempuan menyimpan lemak dari bawah ke atas – mereka mendapatkan berat badan di paha dan bokong lebih dulu, kemudian perut, dan akhirnya pada tubuh bagian atas, lengan, dan seterusnya. Sedangkan pada pria penambahan berat badan dilmulai di bagian perut (perut menjadi buncit). Lemak yang diperoleh paling awal adalah yang terakhir untuk dihilangkan- itulah mengapa sangat sulit bagi perempuan untuk menurunkan berat badan pada bagian paha mereka dan bagian belakang, dan itu juga mengapa penurunan berat badan akan terlihat pertama kali di wajah, leher dan tubuh bagian atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *