Cara Merawat Kulit Berminyak Secara Alami

Perawatan bagi kulit sensitif tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, karena dapat menimbulkan dampak negatif dan justru bisa mengakibatkan kondisi yang lebih parah pada kulit sensitif karena kulit sensitif bereaksi cepat terhadap produk-produk perwatan kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan kimia, cuaca, atau kondisi lingkungan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi kita yang memiliki kulit sensitif adalah:

  • Usahakan untuk selalu menggunakan produk perawatan yang mengandung herbal atau alami seperti aloe vera dan chamomile yang berfungsi sebagai anti iritasi. Hindari pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Dan bagi kita yang memiliki jenis kulit berminyak, maka gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid yang berfungsi membuka sumbatan pori.

  • Penyegar wajah yang mengandung alkohol haruslah di hindari, dan sebaiknya gunakan penyegar wajah yang mengandung witch hazel atau lavender.

  • Untuk tabir surya usahakan untuk memilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

  • Bersihkan make up dengan menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung sabun (soap free) dan lembut (mild). Bila kulit kita sedang iritasi, maka pada saat membersihkan wajah gunakanlah air dan/atau tissue yang khusus untuk make up remover. Kita harus menghindari penggunaan waslap karena tekstur waslap terlalu kasar bagi kulit sensitif. Saat membasuh wajah jangan menggunakan air dingin atau air hangat karena suhu yang ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Untuk itu gunakanlah air bersuhu normal.

Sesungguhnya untuk merawat kulit sensitif tidaklah sulit. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita, kita dapat menggunakannya setiap hari sebagai bahan kosmetik. Kulit yang sensitif perlu menggunakan pelembab alami agar dapat mengikat kelembaban alami kulit sehingga kulit dapat lebih halus dan elastisitas kulit dapat terjaga. Hanya saja terkadang sulit untuk menemukan pelembab kulit yang cocok dan pas bagi kulit sensitif. Untuk mengatasi hal tersebut, dianjurkan kepada para wanita untuk menggunakan pelembab alami yang digunakan sebagai masker wajah. Dengan kulit kita akan terjaga kelembabannya dan tidak menimbulkan masalah karena menggunakan bahan alami yang aman bagi kulit sensitif.

Salah satu bahan alami yang bermanfaat sebagai perawatan kulit wajah sensitif adalah madu. Berikut ini cara membuat pelembab dengan menggunakan madu serta cara memakainya:

    • Bahan:
      – 1 sendok makan madu
      – 2 sendok makan alpukat matang yang sudah dilumatkan
      – 1 sendok makan susu cair

    • Cara membuat dan menggunakan:
      Campur semua bahan menjadi satu sampai berbentuk pasta. Lalu oleskan pada wajah yang teah dibersihkan. Hindari pemakaian pada bagian sekitar mata dan bibir. Diamkan kurang lebih selama 10 menit. Terakhir bilas dengan air bersih.

Tidak sulit dan sangat mudah bukan? Kita dapat membuatnya untuk pemakaian rutin setiap hari di rumah. Jadi tungu apa lagi? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *