Manfaat Kolagen dan Spirulina Bagi Kulit

Manfaat Kolagen dan Makanan Yang Mengandung kolagen Bagi Kulit – Tekstur kulit manusia akan semakin kendur seiring bertambahnya usia. Sesungguhnya ini merupakan hal yang sangat alamiah karena kolagen yang ada dalam tubuh kita semakin berkurang setiap tahunnya.

manfaat collagen

Para ilmuan telah membuktikan bahwa pada saat seseorang memasuki usia 25 tahun, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen 1.5% setiap tahun. Dan akan kehilangan 50% kolagen (dari usia 25tahun) pada usia 60 tahun. Yang artinya, berawal dari umur 25 tahun itulah masalah-maslah pada kulit akan timbul seperti keriput, kulit kering, tidak kenyal dan sebagainya.

Bila Anda masih bingung, apa yang dimaksud dengan kolagen. Mari kita bahas apa sih kolagen itu?

Arti Kolagen
Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino dan terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.

Kolagen Sangat Penting Bagi Tubuh
Kolagen dapat diibaratkan seperti lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen, tubuh manusia akan terpisah (secara harafiah). Kolagen memberikan kekuatan bagi struktur tubuh dan berfungsi melindungi struktur kulit dengan cara mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker. Kolagen juga memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit. Dengan kulit yang masih elastis inilah maka seseorang akan terlihat awet muda, dan bebas dari keriput walaupun usia sudah 40 tahun ke atas.

Karena kolagen sangat penting bagi tubuh, maka kekurangan kolagen dapat menimbulkan masalah. Bahkan, ada beberapa penyakit genetik yang disebabkan karena kekurangan kolagen. Misalnya, osteogenesis imperfecta, yang sering disebut sebagai penyakit tulang rapuh yang merupakan akibat dari penurunan kolagen.

Makanan yang Mengandung Kolagen

Buah yang Mengandung Vitamin C dan Antioksidan
Buah yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan seperti buah jeruk, strawberry, wortel, apel, jambu merah, jambu monyet, anggur, kiwi, lemon, blackberry, blueberry, papaya, dan tomat merupakan penghasil kolagen yang besar. Dan seperti yang sudah Anda ketahui bahwa tomat mengandung sejumlah lycopene. Lycopene yang terdapat pada buah tomat ini membantu tubuh kita melawan kolagenase. Kolagenase adalah enzim yang dapat menghancurkan senyawa kolagen pada tubuh manusia.

  • Sayur yang Mengandung Vitamin C dan K
    Sama seperti buah-buahan, sayuran juga merupakan pilihan terbaik untuk menambah senyawa kolagen bagi tubuh kita. Pilihlah paprika, brokoli, kubis, bawang putih, terong, asparagus, kembang kol dan bayam, yang merupakan sayuran yang mengandung vitamin C dan K.
  • Produk Kedelai
    Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang menghasilkan kolagen dan bermanfaat untuk memerangi penuaan pada kulit. Beberapa produk yang terbuat dari kedelai: keju, susu kedelai, tempe, tahu, dan masih banyak lainnya.
  • Makanan yang Mengandung O-Mega3
    O-Mega3 adalah asam lemak yang merupakan lemak baik. O-Mega3 membantu menjadikan kulit menjadi halus, kenyal dan lembut sehingga sangat baik bila dikonsumsi secara teratur. O-Mega3 dapat ditemukan pada ikan tuna, ikan salmon, dan ikan mackerel, telur dan kenari.
  • Spirulina

Spirulina adalah ganggang hijau dan biru yang kaya akan kolagen. Ia sangat baik dipakai oleh siapapun termasuk ibu hamil sebab spirulina mengandung  bahan oganik alami. Bisa di minum ataupun dipakai masker. Manfaat masker spirulina juga bagus untuk memutihkan kulit.

Sumber Kolagen lainnya:

  • Supplement Kolagen
  • Injeksi/Suntik Kolagen
  • Kosmetik kolagen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *