Berapa Kadar Gula Darah Normal Itu?

Kadar gula darah adalah yang digunakan sebagai penentu apakah seseorang menderita penyakit diabetes melitus atau tidak. Jika kadar gula darah terlalu tinggi maupun terlalu rendah, maka seseorang dikatakan berpotensi atau bahkan sedang menderita penyakit diabetes melitus. Lalu berapa kadar gula darah normal tersebut? Bagaimana cara menghilangkan penyakit diabetes secara alami dan cara mengetahui kadar gula darah itu? Mari pelajari bersama di artikel ini.

Kadar Gula Darah Normal

kadar gula darah adalahUntuk mengetahui apakah seseorang memiliki kadar gula darah yang normal atau tidak perlu dilakukan pengecekan kadar gula darah. Pengecekan kadar gula darah tersebut dilakukan sebanyak 2 kali yaitu setelah puasa selama 8 jam dan 2 jam sesudah makan. Kadar gula darah puasa normal biasanya akan menunjukkan 70 – 110 mdl. Sedangkan untuk kadar gula darah 2 jam setelah makan biasanya tidak lebih dari 200 mdl. Lalu jika kadar gula darah anda lebih dari itu, maka bisa dikatakan bahwa anda memiliki potensi yang cukup besar untuk menderita penyakit diabetes melitus.

Bagaimana Cara Mengukur Kadar Gula Darah?

Melakukan pengukuran kadar gula darah adalah sangat penting. Saat ini, pengukuran kadar gula darah juga sangatlah mudah dan bahkan bisa dilakukan sendiri. Untuk anda yang ingin melakukan pengecekan kadar gula darah, anda bisa memilih 2 macam alat seperti:

• Alat strip
Alat strip ini bisa dibeli di apotik. Fungsi alat strip ini adalah untuk menunjukkan naik turunnya kadar gula darah dengan menggunakan perubahan warna pada kertas strip.

• Alat pengecekan digital
Alat pengecekan digital ini jauh lebih baik dibandingkan dengan alat strip. Jika alat strip hanya menunjukkan kenaikan atau penurunan kadar gula darah dalam bentuk perubahan warna, alat pengecekan digital ini mampu menunjukkan kadar gula darah dalam bentuk angka.

Seberapa Sering Melakukan Cek Kadar Gula Darah?

Melakukan pengecekan kadar gula darah memang wajib dilakukan secara teratur terutama bagi orang yang sudah menderita penyakit diabetes melitus. Dokter menyarankan penderita diabetes melitus tipe 1 untuk rutin melakukan pengecekan kadar gula darah 2 sampai 4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk penderita DM tipe 2 disarankan untuk melakukan pengecekan kadar gula darah minimal 2 kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *