Dampak Serius Akibat Penyakit Diabetes

Komplikasi terhadap organ lain akan menjadi taruannya ketika penderita diabetes tidak dapat menjaga kadar gula mereka tetap stabil. Kadar gula yang tinggi lama kelamaan akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan syaraf.

Berikut ini dampak serius yang bisa terjadi ketika kadar gula darah tidak terkendali:

komplkasi-diabetes1. Menderita keluhan ginjal / Gagal ginjal

2. Meningkatnya resiko terkena serangan jantung

3. Gangguan fungsi mata / retinopati diabetes

4. Mudah terserang penyakit stroke

5.Hipertensi

6. Dapat menyebabkan impotensi pada pria

Solusi Mencegah Terjadinya Komplikasi Penyakit Diabetes

– Merubah Gaya Hidup

Gaya hidup yang sehat dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes atau dapat mencegah diabetes semakin parah. Ada baiknya Anda mulai menghindari makanan yang cepat saji, memang saat ini orang lebih senang dengan hal instan karena sudah sibuk dengan suatu pekerjaan. Tetapi jika sering konsumsi makanan instan akan memicu tejadinya kenaikan berat badan atau obesitas. Obesitas sendiri merupakan faktor yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

– Hindari Buah-buahan Manis

Beberapa buah-buahan mengandung kadar gula yang tinggi, ini mengakibatkan kelonjakan pada kadar gula darah. Buah-buahan tersebut antara lain: durian, mangga, sawo, kelengkeng, dan kurma basah.

– Tidur yang Cukup

Tidur yang kurang mengakibatkan nafsu makan bertambah. Kebanyakan orang akan menambah porsi karbohidrat yang dikonsumsi untuk mendapatkan rasa kenyang. Hal ini akan mengakibatkan obesitas dan beresiko terkena gangguan fungsi jantung.

– Pilih Karbohidrat yang Perlahan Dicerna Oleh Tubuh

Hindari makanan yang dapat melonjakkan kadar gula secara drastis, misalkan roti. Sebaiknya Anda memilih karbohidrat yang perlahan diserap oleh tubuh seperti nasi merah, nasi hitam, dan gandum. Makanan ini dapat merubah kadar gua darah perlahan bukan secara drastis sehingga penyakit diabetes tidak bertambah parah.

– Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jika Anda senang mengkonsumsi minuman bersoda sebaiknya Anda mulai mengganti dengan perbanyak konsumsi air putih. Karena minuman bersoda mengandung glukosa yang cukup tinggi tetapi tidak menimbulkan rasa kenyang. Minuman ini akan cenderung dikonsumsi lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *