Memilih Karbohidrat Kompleks Bagi Penderita Diabetes

Orang normal pada kesehariannya mengkonsumsi nasi dan roti. Nasi dan roti merupakan karbohidrat sederhana. Jika karbohidrat ini dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam porsi yang tidak tepat, maka seorang penderita diabetes tersebut beresiko mengalami lonjakan gula darah. Solusi terbaik untuk mencegah terjadinya hal ini adalah dengan cara pengobatan penyakit gula secara alami atau mengkonsumsi makanan lain yang aman namun tidak kalah lezatnya dengan nasi dan roti tadi.

Kenapa harus karbohidrat kompleks?karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks mempunyai susunan yang rumit atau kompleks sehingga membutuhkan proses pencernaan yang lebih panjang dari karbohidrat biasa. Dengan demikian, karbohidrat kompleks ini tidak akan menyebabkan melonjaknya gula darah karena prosesnya yang perlahan-lahan.

Apa saja makanan nikmat yang mengandung karbohidrat kompleks?

Sebagai orang Indonesia, kita mempunyai kebiasaan untuk mengkonsumsi nasi. Makanan sehari-hari tanpa nasi membuat kita tidak terbiasa dan sebagian orang berkata bahwa mereka “serasa tidak makan”. Penderita diabetes sangat dihimbau untuk berhati-hati untuk mengkonsumsi nasi putih. Alternatif nasi yang mengandung karbohidrat kompleks akan sangat membantu penderita diabetes.

Beras merah

Beras jenis ini adalah yang paling populer setelah beras putih. Karbohidrat yang dikandung dalam beras ini adalah karbohidrat kompleks sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes. Selain itu, beras merah mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Dengan demikian, kebutuhan tubuh akan vitamin B dan protein dapat terpenuhi dengan konsumsi beras merah ini.

Beras coklat

Sebagian orang, menyebut beras ini sebagai beras pecah kulit. Disebut demikian karena sebetulnya beras ini merupakan beras putih. Perbedaannya hanya dalam proses penggilingannya saja. Beras coklat ini tidak mengalami penggilingan seperti yang dilakukan pada beras putih. Dengan demikian, nutrisinya masih sangat kaya dan terjaga karena tidak terbuang pada ampas. Manfaatnya, untuk menjaga tingkat kestabilan gula darah.

Beras hitam

Sepintas, beras ini sedikit sulit dibedakan dengan ketan hitam. Perbedaan akan nampak setelah dimasak lewat rasanya. Rasa beras hitam mempunyai cita rasa nasi. Berbeda dengan ketan hitam, rasanya sangat berbeda dan tidak ada cita rasa nasi. Beras hitam juga mempunyai sedikit lengket, seperti ketan. Beras hitam ini sama seperti beras coklat yang sebenarnya varian beras putih. Namun, karena proses penggilingan yang tidak sama, maka nutrisinya tidak terbuang dan warnanya hitam. Fungsinya juga sama sebagai penjaga stabilitas gula darah.

Roti Gandum

Bahan makanan ini memang bukan termasuk ke dalam jenis beras dan nasi. Namun, roti gandum ini juga mempunyai khasiat yang sangat baik untuk menjaga stabilitas gula darah, karena merupakan karbohidrat kompleks. Kandungan lain yang dimiliki oleh gandum adalah protein nabati dan serat. Kandungan protein nabati yang cukup bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, sekaligus pengganti protein hewani. Kebanyakan, protein hewani juga mempunyai kandungan lemak trans. Sehingga, penggantian protein hewani dengan protein nabati ini adalah cara yang tepat untuk menjauhi lemak trans.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *