Nutrisi rendah seringkali membunuh orang miskin

buahGaya hidup dan sekian pengaruh lingkungan lainnya di negara-negara sedang berkembang telah dikaitkan dengan banyak penyebab kematian penting lainnya, di samping penyakit-penyakit kardiovaskular dan kanker. Pesatnya peningkatan jumlah penderita diabetes nampaknya diakibatkan oleh perpaduan antara faktor-faktor genetis dan diet. Sirosis hati biasanya disebabkan oleh alkoholisme. Tak bisa dimungkiri bahwa tingkat empisema dan bronkhitis kronis digalakkan oleh rokok dan polusi udara di perkotaan. Kecelakaan, bunuh diri. dan pembunuhan jelas bersumber pada keadaan sosial. Jika kita membandingkan berbagai kondisi kesehatan di negara kaya dan negara yang Iebih miskin. Suatu gambaran simetris yang mengejutkan akan terlihat.

Nutrisi yang berlebihan – akibat kalori dan lemak yang berlimpah telah tampil sebagai obat herbal diabetes paling ampuh momok bagi orang Eropa dan Amerika Utara. Sama halnya dengan nutrisi rendah. nutrisi yang berlebihan juga mengurangi harapan hidup. meningkatkan kepekaan terhadap penyakit dan mengurangi produktivitas. Kalau kalangan makmur tak perlu terlalu mengkhawatirkan kontaminasi biologis atas persediaan air mereka, mereka mau tak mau harus cemas akan kemungkinan adanya zat-zat logam serta kimiawi karsinogenis yang berbahaya dalam air mereka. Asap kayu atau api dapur yang berasal dari kotoran hewan yang mengotori udara yang dihirup oleh separoh penduduk miskin di dunia, jarang mencapai hidung penduduk kaya. Tapi baik asap tembakau maupun udara yang dikotori oleh polutan mobil dan industri cukup banyak menyerang mereka.

Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa pola tingkah-laku perorangan – terutama kebiasaan merokok. Diet minuman-minuman keras. dan kurang gerak badan – adalah penyebab-penyebab utama dari kematian prematnl di negeri-negeri maju dewasa ini. Namun. seperti bisa dibuktikan oleh suratkabar manapun di setiap negeri ini. suatu bahaya lain bagi kesehatan telah muncul lagi. Kita semakin banyak membaca tentang bencana-bencana kesehatan akibat lingkungan : semakin banyaknya penderita kanker di kalangan para pekerja pabrik di Amerika; bahan-bahan kimiawi yang mematikan mengancam masyarakat Italia; munculnya penyakit kanker di antara kaum wanita yang ibunya meminum obat-obatan tertentu sewaktu hamil. Penyakit-penyakit yang tersebar di tempat-tempat pekerjaan akibat polusi, atau akibat kecerobohan penggunaan teknologi mungkin terjadi secara tidak disengaja, akan tetapi hanya mereka yang jujur yang bisa menganggap semua itu sebagai hal-hal yang kebetulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *