Perangsang kanker lewat menu mungkin terlalu beragam, kompleks

imageSeiring dengan berjalannya waktu, survei mengenai sekian pola kanker ying tidak lazim dan pemeriksaan bermacam zat dalam laboratorium jelas akan mengungkapkan berbagai sifat karsinogen yang menembus segala lapisan kehidupan modern. Tapi selama orang hidup dalam suatu kesatuan masyarakat industri yang kompleks serta penuh dengan berbagai zat yang bertentang dengan alam, sejumlah penyakit kanker niscaya akan bisa meloloskan diri dari pengawasan yang paling ketat sekalipun. Arah gejala kanker dalam empatpuluh tahun mendatang kini telah menempuhjalannya. Akan teapi masa depan yang lebihjauh sepenuhnya berada dalam tangan kita. Tiap keputusan individu dan masyarakat yang diambil hari ini betapapun samarnya pasti akan menentukan peranan sosial yang akan dimainkan oleh kanker di penghujung abad ini, dan sesudahnya. Kebiasaan merokok yang kini ditiru oleh anak-anak dari para pengiklan atau orangtuanya, menu yang membesarkan mereka, zat-zat kimia yang mereka makan, minum atau hirup – semuanya akan mempengaruhi, kesehatan mereka di kala dewasa.

Sejarah yang Tidak Alamiah dari Tembakau

Kalau meminta kepada seorang turis, pengemis di Kairo lebih cenderung meminta sebatang rokok daripada sekeping uang logam. Di Tiongkok, suatu negara yang terkenal berkat kampanyekampanye perawatan kesehatan preventifnya, para pemimpin nasionalisnya merokok tak henti-hentinya seolah-olah mereka memimpin industri tembakau terbesar di dunia. Lebih dari sepuluh tahun setelah Pemerintah AS mengumumkan bahwa merokok jelas merusak kesehatan, empat dari seluruh pria dan tiga dari Sepuluh kaum wanitanya merokok – dan Departemen Pertanian federal menghabiskan $50 juta setiap tahun buat menunjang industri tembakau.

Lantas bagaimana sampai suatu produksi yang merusak menjadi demikian merembes ke kehidupan sehari-hari di seluruh dunia? Bagaimana sampai tembakau menduduki suatu daerah pertanian yang baik di India sementara kaum tani kelaparan di sekitarnya? Bagaimana sampai para pengusaha rokok diperkenankan menggunakan teknik-teknik pemasaran yang paling cerdik dari Madison Avenue untuk menggoda kaum remaja agar merokok seumur hidup? Sama halnya dengan novel picisan, kisah rokok tiga sen adalah kisah yang penuh intrik kekuasaan perusahaan, dan kemunafikan pemerintah serta kesenangan, ketercanduan manusia, dan kematian prematur. “Kejahatan ini senantiasa akan dikutuk dan senantiasa akan dipergantungi,” tulis ahli kedokteran Italia Bernardino Ramazz ini di tahun 1713 sehubungan dengan penggunaan tembakau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *