Secara kiasan nama kanker mencerminkan kemampuan penyakit untuk membiakkan diri

Sebaliknya sebagian besar tumor ganas atau kanker, mampu menyebar dan banyak yang pada akhirnya mampu mencapai bagian-bagian tubuh yang jauh melalui aliran darah serta jaringan limpa.  Penyebaran inilah (suatu proses yang disebut metastase) dan bukan tumornya sendiri yang mengakibatkan kematian. Kata yunani untuk “kepiting” digunakan oleh Hippocrates untuk mengacu kepada penyakit yang nampaknya menyerang tubuh dari dalam dengan jari-jari yang mirip catut; “cancer” adalah bahasa Latinnya. Ada kanker yang tersebar demikian cepatnya sehingga kalaupun kita segera mengetahuinya tak akan banyak artinya. Akan tetapi banyak di antara penyakit kanker yang ketahuan sebelum menyebar hingga bisa dihitangkan melalui pembedahan atau dihancurkan dengan obat herbal diabetes kronis cara-cara lain, dan itulah sebabnya mengapa deteksi yang cepat begitu kerap menentukan kemungkinan hidupnya seorang pasien yang lain-lainnya lagi, mungkin karena terpukul oleh alat-alat pertahanan alamiah dari tubuh, menyebar demikian lambatnya sehingga mangsanya bisa meninggal lebih dahulu karena sebab-sebab lain sebelum kanker melancarkan serangan-serangan mautnya.

kanker-paru-paru-2

Anehnya, sejumlah kanker lainnya bahkan menghilang begitu saja. Tapi apa sesungguhnya yang menyebabkan sel-sel tubuh bertumbuh secara liar masih tetap tak diketahui. Pengaruh-pengaruh dan zat-zat tertentu seperti radiasi, rokok, asbes, klorid vinil – secara pasti merangsang kanker, akan tetapi mekanisme kausalnya yang pasti paling banyak hanya biia diperkirakan. Komposisi genetis seseorang barangkali mempengaruhi kemungkinannya mendapatkan sejumlah penyakit kanker. Kanker payu dara pada wanita, misanya, lebih sering terjadi pada sejumlah keluarga dari pada keluarga-keluarga lainnya. Akan tetapi sebagian besar kanker tidaklah berkembang melalui garis keturunan.

Secara keseluruhan, faktor keturunan sedikit sekali artinya dibanding dengan faktor lingkungan sebagai penyebab dari banyaknya variasi kultural dalam pola-pola kanker. Virus telah lama dicurigai paling tidak sebagai penggerak beberapa jenis kanker. Kecurigaan demikian semikin-diperkuat dengan diketahuinya bahwa berbagai jenis hewan bisa terkena penyakit yang mirip leukemia disuntik dengan virus dari hewan-hewan yang terkena leukemia. Adanya virus dalam jadngan-jaringan kanker di kalangan orang Afrika tropis yang mengidap penyakit yang disebut limpoma Burkitt juga telah dipastikan. Namun, penelitian yang luas. tak berhasii membuktikan bahwa virus menyebabkan kanker pada manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *