Sisa dana itu di ambil dari pajak tonase kendaraan bermotor

Di tahun 1976, sekitar 44.000 korban penyakit pernafasan yang ada kaitannya dengan polusi udara diberi ganti rugi berdasarkan undang-undang ini, demikian pula korban polutan-polutan tertentu seperti air rasa dan kadmium yang jumlahnya jauh lebih sedikit. Pelaksanaan undang-undang tersebut secara sempurna boleh dikata tak mungkin, terutama karena begitu sedikit yang diketahui tentang pengaruh-pengaruh yang sesungguhnya dari berbagai jenis pengobatan gula darah secara alami dan tingkat polusi, dan oleh karena faktor-faktor seperti kebiasaan merokok perorangan mengaburkan persolan ini.

kartKanker yang jumlah penderitanya jelas dipengaruhi oleh beberapa polutan sama sekali tidak tercakup dalam undang- undang tersebut. Jumlah keseluruhan dari orang yang kesehatan nya terganggu oleh polusi jelas jauh lebih banyak daripada jumlah yang secara resmi diberi ganti rugi. Tambahan pula, uang tak akan pernah cukup untuk membeli sepasang paru-paru atau untuk memberikan gantirugi bagi kematian seseorang yang kita cintai. Terlepas dari berbagai kesulitan dalan hal penerapannya, konsep yang mendasari undang-undang gantirugi-polusi di Jepang mungkin patut dipertimbangkan di tempat-tempat lain.

Tiap sistem yang membuat para penyebab polusi membayar gantirugi untuk kerusakan yang diakibatkannya mempunyai manfaat ganda, yakni mendorong mereka untuk mengurangi polusi dan membagi secara adil beban-beban finansiil yang mereka ciptakan. Akan tetapi pajaB kesehatan tak perlu menggantikan tempat kaidah-kaidah pengawasan polusi yang ketat. Polusi udara barangkali telah menimbulkan lebih banyak perhatian umum di bidang kuaiitas lingkungan dibanding dengan bentuk-bentuk penghancuran lingkungan lainnya. Dinegara negara yang penghancuran Iingkungannya paling gawat polusi udara juga merupakan sasaran dari langkah-langkah maju yang dilakukan di banyak negara. Dengan ini kami tidaklah bermaksud mengatakan bahwa program-program pengawasan polusi udara telah dilaksanakan secara sempurna. Kemajuan yang dicapai berjalan lambat, mahal, dan adakalanya mengalami kemunduran.

Cita-cita untuk mencapai udara sehat yang ditetapkan pada tahun 1975 oleh kongres AS harus ditinggalkan, dan sejumlah rencana besar untuk mengurangi tingkat buangan mobil dengan mengurangi frekuensi pengendaraan dalam kota terpaksa dipeti-eskan karena penolakan orang banyak. Akan tetapi negara-negara yang lebih berkembang nampaknya lebih berkepentingan dengan pengembangan kualitas udara secara memadai dalam tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *