Penyakit-penyakit menular tetap saja akan menyerang

Ada kalanya secara fatal untuk semua usia, tetapi pada umumnya tidak lagi sering, dan juga tidak lagi membahayakan hidup. Penyakit polio, campak, difteri, dan penyakit-penyakit lainnya akan dilumpuhkan dengan penggunaan vaksin secara strategis. Serangan jantung serta penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya mungkin tetap mengakibatkan kematian di lialangan mereka yang sudah berusia lanjut, akan tetapi semua penyakit itu tak lagi menyerang kaum pria setengah bahaya yang dewasa ini hidupnya terancam. Kasus-kasus kanker tetap terjadi, tapi tingkat penderita kanker jelas menurun deras dari tingkat-tingkat obat tradisional utk diabetes yang ada di negara-negara maju sekarang. Kesehatan banyak orang dalam usia pertengahan dan usia tua bahkan meningkat begitu usia rata-rata dari kehidupan memanjang.

Screenshot_6

Sedikit sekali orang yang akan dilumpuhkan dalam usia empatpuluh, limapuluh, dan enampuluh oleh penyakit yang berkaitan dengan peredaran darah  di samping penyakit-penyakit lainnya dibanding dengan apa yang terjadi dewasa ini. Di luar jumlah yang disediakan buat mencegah penyakit, pengeluaran-pengeluaran medis dipusatkan pada bahaya-bahaya yang tak terhindarkan dan pada masalah-masalah kesehatan (dan sosial) khusus yang sudah sejak dahulu rnerepotkan manusia. Makin sedikit uang yang dipergunakan untuk mencoba menyelamatkan orang banyak dari penyakit-penyakit yang bisa dihindarkan pada tingkat awalnya. Berapapun jumlah yang dipergunakannya demi perawatan kesehatan, masyarakat seperti itu mampu menyelamatkan lebih banyak kehidupan dibanding dengan pemerintahan mana pun di dunia dewasa ini. Hambatan-hambatan apa sajakah yang membuat orang tak mampu menikmati kondisi yang paling sehat? Yang terang itu semua pastilah bukan hambatan teknologis.

Untuk mencapai kondisi-kondisi kesehatan yang baru saja diutarakan, kita tak memerlukan penemuan-penemuan baru dalam penelitian medis – walaupun yang sungguh-sungguh ditemukan akan bisa lebih memperbaiki kesehatan. Hambatan-hambatan genetis yang tak bisa diatasi juga tidaklah rnenghalangi jalan menuju cita-cita itu. Untuk pastinya, sejumlah penyakit merupakan warisan dan karenanya tak bisa dihindarkan. Akan tetapi jarang sekali kesehatan seseorang ditentukan oleh keturunan. Sebagaimana dikatakan oleh ahli keturunan terkenal Theodosius Dobzhansky, “Gen tidaklah menentukan ‘watak’ atau ‘sifat-sifat’, akan tetapi reaksi atau tanggapan.” Faktor keturunan mempengaruhi kepekaan seseorang terhadap penyakit yang banyak mengakibatkan kematian dewasa ini, tapi faktor-faktor lingkungan biasanya menentukan apakah potensi itu terwujud atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *