Mammogram yang baik dapat menunjukkan kanker yang masih amat kecil

Lain halnya bila anda telah berusia 35 tahun, atau bila anda memiliki sebuah latar belakang sejarah keluarga yang pernah menderita kanker payudara. Kemungkinan besar dokter akan menghendaki agar anda diperiksa lebih lanjut dengan mammografi, ultrasonografi dsb.nya selagi tumor masih kecil. MAMMOGRAFI : (= sebuah piranti pendeteksi kanker payudara. Bagaimana cara kerja dan manfaat alat ini?) itu merupakan herbal diabetes melitus pemeriksaan payudara dengan sinar-X. Walaupun tidak 100% bagi diagnosa keganasan, pemeriksaan sinar X ini sangat bermanfaat.

mwrSalah satu faktor yang menentukan harapan hidup seorang penderita kanker payudara adalah besar kecilnya ukuran kanker pada saat ditemukan dan keadaan kelenjar getah bening diketiak, yang memberi harapan besar untuk dapat menyembuhkan kanker payudara pada stadium dini. Makin besar ukuran kanker yang ditemukan, makin kecil harapan hidupnya. Di Indonesia jumlah penderita kanker menduduki urutan kedua setelah kanker mulut rahim. Kelebihan yang diperoleh pada alat mammografi? adalah karena bila dilakukan dengan teknik yang tepat akan menghasilkan mammogram yang amat jelas, sehingga kelainan atau kanker yang masih amat kecil (besarnya kurang dari b mm) akan dapat terlihat.

Kanker yang sekecil ini tidak akan dapat ditemukan pada palpasi (pemeriksaan dengan rabaan tangan) (Bab – II) sehingga tidak terdeteksi. Mammoglafi merupakan salah satu terobosan bidang kedokteran dalam usaha mengalahkan kanker. Hasil satu kari mammografi tidak dapat digunakan untuk memastikan adanya kanker. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjut. Siapa butuhkan cara pemeriksaan ini? Wanita yang secara klinis jelas mempunyai benjolan pada payudara mutlak memerlukan pemeriksaan mammografi untuk evaluasi lebih lanjut. selain itu, pemeriksaan ini juga dianjurkan bagi kaum wanita yang sama sekari tidak mempunyai keluhan atau kelainan pada payudara sebagai ikhtiar untuk deteksi dini terhadap kanker payudara.

Pada tahun 1983 lembaga KankerĀ  di Amerika serikat (American cancer society) mengeluarkan petunjuk tentang pemeriksaan mammografi yang antara rain menyebutkan : a. Pada wanita dengan latar belakang sejarah keluarga yang menderita kanker payudara, untuk mereka sebaiknya pemeriksaan mammografi pertama dilakukan lebih sering;iuga pada wanita yang memiliki jenis payudara yang surit untuk diperiksa karena bentuknya yang terlampau besar atau terlampau kenyal, disini sering digunakan mammogtafi sebagai alat pemeriksa setiap B tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *