Nyeri interkostal ini merupakan gejala dini dari spondilitis tuberkulosa

Gibus runcing dan kecil itu seringkali ditemukan pada pemeriksaan tulang belakang pasien yang mengeluh nyeri di sela iga yang timbi.rl waktu batuk dan bernafas dalam. Juga perasa pegal atau perasa kaku dan nyeri pada tulang belakang setempat dapat menjadi keluhan dini spondilitis tuberkulosa. oleh karena itu, ianganlah dilupakan untuk memeriksa tulang belakang pada pasien2 yang datang berobat untuk keluhan2 seperti tersebut di atas. Adakalanya nyeri dan pegar dirasakan oreh pasien pada seruruh turang belakang bagian torakalis dan pada pemeriksaan ditemukan gibus -arkuatus sehingga kifosis menjadi berlebihan. pemeriksaan dengan jalan palpasi dan menguji motilitas dapat ditemukan adanya nyeri tekan di seluruh daerah di samping tulang belakang yang disertai motilitas yang sangat terbatas.

Tanda2 itu menunjuk kepada spondilitis ankilopoetika, atau spondilitis defor’ mans. Karena motilitas tulang belakang menjadi terbatas dan seringkali motilitas sendi iga pada tulang belakang iuga terbatas, maka dapat timbul juga keluhan bahwa ctiadanya seringkali merasa sesak. Keluhan terakhir ini tidak selalu diceritakan dengan tepat kepada dokter, sehingga dokter tidak mengerti maknanya. Diantara pasien2 yang datang dengan keluhan dadanya se-olah2 ditekan atau diikat, terdapat luga orang2 yang bermaksud bahwa nafasnya tidak longgar, atau nafasnya kurang bebas. Akan tetapi ada juga yang bermaksud untuk menyatakan bahwa di dadanya terasa ada sesuatu yang mengikatrrya. Apabila benar itu yang dimaksudkan, maka sensibilitas bagian dada dan abdonren harus diperiksa berikut tulang belakangnya.

Pemeriksaan tulang belakang pada pasien yang merasa bahwa dada atau perutnya seperti diikat perlu dilakukan, karena tumor yang terdapat di kanalis vertebralis dapat menimbulkan gejala itu. Pada inspeksi mungkin sekali tidak ditemukan kelainan, akantetapi adakalanya pembengkakan setempat dapat dijumpai dan permintaan pemeriksaan radiologik merupakan suatu keharusan. Tindakan ini mesti dikerjakan jika di samping itu terdapat Ueiala2 “upper motoneurone syndrome” pada kedua tungkai (lihat di sana). Deformitas tulang belakang bagian torakalis yang berupa kifoskoliosis tanpa gejala2 “upper motoneurone syndrome” pada tungkai, bisa dijumpai pada pasien2 yang “sejak dilahirkan” sudah demikian (kongenitalis). Klik disini untuk menemukan rahasia ribuan dokter senior dunia mengalahkan diabetes dengan obat penyakit gula darah terbaik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *