Kolesterol Teroksidasi

Kalau pengurangan dramatis tidakterjadi pada diet semacam itu, saya tinjau secarakeseluruhan apa sebenarnya yang dimakan pasienitu, dan sering menemukan bahwa proteinhewani tanpa disadari telah dikonsumsi dalambentuk casein pada pengganti susu atau produktelur bebas kolesterol seperti Egg Beaters. Begituprotein hewani benar-benar disingkirkan, hasil dramatis biasanya terjadi. Informasi yang lebihlengkap pada pembahasan sumber protein dan serum kolesterol didapati daiam Bab 7. “Mitos Besar Daging dan Protein.

Kolesterol yang terpapar pada atmosfir untuksuatu jangka waktu cenderung bergabung dengan oksigen di udara, menghasilkan apa disebut “kolesterol teroksidasi.” Kolesterol teroksidasi adalah faktor makanan penting lainnya yang tidak disebutkan dalam persamaan Keys. Faktanya, senyawa ini bisa berubah menjadi factor makanan paling penting yang mempengaruhi resiko penyakit jantung.Sudah lama sejak tahun 1940-an telah ditemukan bahwa tidak semua kolesterol sama kemungkinannya menyebabkan aterosklerosis Dr. Chaikoff dan rekan-rekannya menemukan bahwa ayam yang diberi makan banyak kolesterol mempunyai kadar kolesterol darah yang tinggi dan sejumlah besar aterosklerosis.

Di sisi lain, ayam yang diberikan hormon untuk menaikkan kolesterol merekan ampai tingkat yang sama sesungguhnya tidak terdapat tumpukan lemak dalamarteri mereka.5a Dr. Peng dan Dr. Taylor diAlbany, New York meneruskan percobaan lebihlanjut mencari sesuatu dalam kolesterol makanan yang terutama merusak pembuluh darah. Penemuan mereka dikemukakan dalam Gambar Beberapa bahan kimia, yang disebut “produk oksidasi,” begitu beracun sehingga merusaksel yang melapisi arteri dalam kurang dari 24jam. Terlebih lagi, diperlukan hanya sedikit daribahan kimia beracun ini untuk menyebabkan kerusakan yang tak bisa diperbaiki. Dalam hasilkerja Peng dan Taylor, efek mematikan pada pembuluh darah terjadi ketika sesedikitnya setengahdari satu persen kolesterol darah teroksidasi.

Riset mereka terutama penting karena kerusakansel lapisan arteri adalah satu dari faktorutama yang memulai atau mempercepat penumpukankolesterol dalam aterosklerosis.Peng dan Taylor juga membuat pengukuranbahan kimia pada makanan tertentu untuk melihatberapa banyak kolesterol teroksidasi yang dikandungnya. Para periset kemudian mengujisenyawa berbahaya itu pada sel pembuiuh darahmonyet untuk menentukan seberapa besar bahayanya.Makanan yang mengandung produk kolesterolteroksidasi dan menyebabkan kerusakanpada sel pembuluh darah didata pada Gambar27.68Kombinasi yang paling berbahaya dari produkoksidasi kolesterol ditemukan dalam custardmix (vlarlpuding) di mana gula, susu, dan telurdigabungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *