Waspada!!!Kenali Bahaya Kemasan Plastik dan Kresek Terhadap Kesehatan Lingkungan

Bayaha kantong palstik – kenali dan rubah cara pakaianya | Beberapa produk pangan pasti akan memerlukan kemasan supaya bisa dipasarkan dan didistribusikan secara luas juga mampu bersaing di pasaran, mempermudah konsumen untuk mengenali serta membawanya, memperpanjang masa simpan serta mempertahankan citarasa dan kerenyahan. Kemasan pangan baik yang bersentuhan langsung dan atau tidak langsung dengan makanan juga bahan pangan. Disamping itu kemasan pangan juga mempunyai berbagai fungsi lain, diantaranya untuk menjaga pangan serlalu bersih sekaligus mencegah terjadinya kontaminasi mikroorganisme.

Bahaya kemasan plastik

Dalam memilih jenis kemasan, terdapat beberapa faktor penting keamanan yang patut menjadi pertimbangan. Penggunaan plastik untuk pengemas pangan banyak sekali memerlukan pertimbangan keunggulannya seperti halnya: bentuknya yang fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk pangan yang dikemas, bobotnya ringan, tidak mudah pecah, transparan/tembus pandang, mudah diberi label dan dibuat dalam aneka warna, dapat diproduksi secara massal, harga relatif murah. Terdapat berbagai jenis pilihan bahan dasar plastic, kemasan yang sering kita dijumpai saat ini adalah plastik dan styrofoam.

Jenis jenis plastik tertentu seperti PE, PP dan PVC tidak tahan terhadap suhu yang tinggi (panas) dan akan berpotensi melepaskan migran berbahaya yang berasal dari sisa monomer dari polimer sehingga menjadi kelemahan dalam pemilihan kemasan jika tidak dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti: aspek keamanan pangan dan efek kedepannya karena plastic merupkan merupakan bahan yang sulit terbiodegradasi sehingga akan mencemari lingkungan.

Banyak sekali penjual makanan jajanan (street food) juga menggunakan kantung kresek namun seringkali dilakukan dengan tidak tepat cara penggunaanya. Hal ini di akibatkan karena kurangnya pengetahuan jika beberapa bahan bahan dasarnya berasal dari daur ulang berbagai jenis plastik. sehingga jika digunakan untuk membungkus makanan dalam keadaan panas, seperti bakso kuah panas, bakmi kuah panas, bubur panas, gorengan panas, yang memeilki suhu relative tinggi akan maka akan membantu migrasi bahan kimia dari plastik ke dalam makanan tersebut.

Disamping pemakaian plastik yang ramai digunakan plastik, ternyata styrofoam atau plastik busa juga sedang trend digunakan terutama untuk penjual makanan cepat saji. Keunggulan plastik juga styrofoam adalah praktis dan tahan lama. Karena du ahl tersebut merupakan daya tarik yang cukup kuat bagi para penjual maupun konsumen makanan untuk menggunakannya. Beberapa kelebihan styrofoam, antara lain: biaya murah, ringan, mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang, mampu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, serta mempertahan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas.

Review Bahaya Kemasan Plastik Bagi Kesehatan Lingkungan| Dari hasil kajian divisi keamanan pangan jepang pada juli 2001 mengungkapkan jika pelepasan residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya, mampu menyebabkan endokrin disrupter (EDC), beberapa penyakit yang terjadi adalah :

  • Adanya gangguan pada sistem endokrinologi
  • Reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

Dari hasil berbagai penelitian yang sudah dilakukan sejak tahun 1930-an, maka diketahui jika stiren, bahan dasar styrofoam, bersifat mutagenik (mampu mengubah gen) dan potensial karsinogen yang sifatnya akumulatif sehingga akibatnya akan terasa setelah penyakit menumpuk dalam jangka waktu panjang. Untuk pengemasan produk dalam stereofoam hindari dua hal berikut:

  • Semakin lama waktu pengemasan dengan styrofoam
  • Semakin tinggi suhu, semakin besar pula migrasi bahan-bahan yang bersifat toksik tersebut ke dalam makanan atau minuman, terutama makanan atau minuman yang mengandung lemak atau minyak tinggi.

Pada botol Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) memeliki bahan baku polivinil khlorida dan kopolimer akrilonitril jadio anda perlu menyimpannya di tempat yang bebas dari panas matahari. Sebagai metode pencegahannya adalah lepasnya monomer-monomer plastik. Penjaja AMDK di operasikan di bawah terik matahari, sementara semakin tinggi suhu semakin tinggi peluang terjadinya migrasi zat-zat plastik ke dalam bahan yang dikemas. Demikian pula apanila menyimpanan AMDK terlalu lama di dalam mobil pada siang hari yang terik sebaiknya ttidak diminum lagi.

“Beberapa bahan kimia yang terdapat pada jenis jenis plastic tertentu.Kemasan Polyvinyl chloride (PVC), Phthalates, Polycarbonate yang mengandung Bisphenol A, Polystyrene, Polyethylene, Polyester, Urea-formaldehyde merupakan bahan tiruan melamin, Polyurethane foam, Acrylic, Tetrafluoroethylene, merupakan cemaran kimia berbahaya yang perlu dicermati kemungkinan bermigrasi ke dalam bahan pangan.”

Review Beberapa Jenis Kemasan Plastik Yang Aman Digunakan | Ada Beberapa faktor yang bisa saja mempengaruhi jumlah migrani dari kemasan ke dalam pangan yang di jual maupun yang anda konsumsi antara lain adalah : konsentrasi migran yang tinggi, kekuatan ikatan/mobilitas bahan kimia dalam pengemasnya, ketebalan kemasan, sifat alami pangan dalam yang kontak dengan pengemas, kelarutan bahan kimia terhadap pangan, lama dan suhu kontak terhadapa makanan langsung.

Beberapa jenis jenis plastik yang aman digunakan untuk kemasan pangan yaitu: PP, HDPE, LDPE, dan PET. Beberapa jenis kemasan tersebut biasa kita jumpai untuk minuman segar yang di jual di outlet tepi jalan dengan mesin penutup gelas plastik atau cupnya yang telihat praktis dalam mengemas minuman seger yang di jual. Beberapa kemasan yang menggunakan plastik yang aman dapat dikenali dari logo atau tulisan yang tertera, seperti: tulisan “aman untuk makanan” atau food grade. Beberapa Logo maupun tulisan kode plastik biasanya akan dicetak timbul pada kemasan. Namun secara umum sebaiknya kemasan plastik jangan digunakan untuk pangan yang memilki sifat asam, mengandung lemak atau minyak, terutama hindari pengemasan dalam keadaan panas. “Ir Ingrid S Surono, MSc, PhD”

Terimakasih telah mampir di blog kami www.hamradiopodcast.com,,sengan rasanya bisa berbagi pengetahuan untuk sesama. Terimakasih semoga bermanfaat “Waspada!! kenali bahaya kemassan plastik dan kresek terhadap kesehatan lingkungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *